Jumat, 06 Juli 2012

Super Junior Bicarakan Masa Lalu & 7 Tahun Mendatang



Pada awal memulai kegiatan baru mereka, para member telah membuka tentang masa lalu dan 7 tahun mendatang sebagai Super Junior, pada konfrensi pers di Seoul 3 Juli 2012.


Pembicaraan masa lalu & 7 tahun mendatang ~ Donghae , Kangin, Kyuhyun
Apa yg khusus tentang Sexy Free & Single dalam aspek musik ?
**Kyu : Kami telah bekerja dengan beberapa komponis paling terkenal dan koreografer dari luar negeri, sehingga akan memuaskan penonton secara visual juga. Kami sudah mencoba untuk membuatnya modern untuk memenuhi harapan kedua dari kedua fans lokal dan luar negeri.
Apakah ini berarti bahwa kalian sedang menargetkan pasar global dari tahap produksi awal ?
**Kyu : Tujuannya tidak menargetkan pasar global, tapi kami ingin menunjukkan sesuatu yang istimewa bahwa kelompok-kelompok idola lain tidak memiliki. Ini adalah untuk menunjukkan gaya Super Junior.
Menggunakan lirik berulang dalam musik pop elektronik adalah sangat adiktif, tapi tampaknya seperti genre album sedikit berubah saat ini ?
**Kyu : Kami berjalan naik tangga dengan genre musik Funky SJ [istilah yg digunakan untuk gaya Super Junior dari sebuah genre musik yg diciptakan oleh Super Junior dan fans mereka] dari Sorry Sorry lalu Bonamana dan kemudian Mr. Simple. Secara parsial, kami ingin menunjukkan sesuatu yg berbeda dan sebagian ada kekhawatiran tentang menjaga gaya musik yg sama untuk album baru. Kami mencoba untuk membuat daya tarik yg berbeda.
Karir kelompok ini lebih besar dari sebelumnya. Apakah anda merasakan tekanan untuk mencoba sesuatu yg baru ?
**Kyu : Yah .. Saya tidak merasa tertekan. Daripada berpikir tentang berapa banyak copy dari album kami yg terjual atau seberapa tinggi peringkat di chart musik, kami saling bercerita untuk menikmati setiap saat. Jadi tidak perlu menjadi beban di pundak saya dan berpikir itu akan menyenangkan tahun ini. 
Judul album adalah Sexy Free & Single, bisakah anda menunjukkan bagian paling seksi dalam gerakan tarian ?
**Kyu : Saya tidak berpikir ada sesuatu yg seksi. haha
**Kang : Masalahnya kita tidak secara dramatis memperlihatkan kulit atau apapun. Tapi tahukah anda, seorang pria bisa tampil seksi hanya dengan gaya rambut dan pakaian hitam. Itu yg anda sebut seksi bukan ?. Beberapa tahun lalu ketika penyanyi perempuan Ivy merilis Sonata of Temptation, dia menjadi bintang ikon seksi tanpa mengenakan pakaian terbuka/telanjang. Ini semacam versi laki-laki itu.
Kyuhyun .. Anda benar-benar pada roll akhir ini di variety show KBS Radio Star. Untuk terlihat lebih menarik untuk konsep album, ada sesuatu yg anda coba atau kerjakan ?
**Kyu : Aku tidak seksi. haha.. Aku sedang berpkir untuk membuat diriku terlihat seperti drakula seksi untuk Sexy Free & Single dengan mengenakan make up pucat. Sesuatu seperti warna dasar kode 19. Hahaha..
Kangin .. Seperti apa rasanya kembali dalam kelompok ?
**Kang : Sudah lama sejak aku berada di panggung dan jujur aku merasa sedikit canggung dan khawatir. Yg saya maksud khawatir adalah saya tidak ingin menjadi kendala dalam jalur tim karena mereka melakukannya dengan baik hari ini. Aku khawatir bahwa aku mungkin membuat kesalahan. Untuk lebih jujur aku bahagia. Aku sudah lama ingin kembali ke panggung dan aku senang.
Bagaimana rasanya menonton Super Junior dari jarak jauh ?
**Kang : Saya berada di posisis dimana saya dapat melihat Super Junior sebagai pihak ketiga. Melihat tim makmur saya benar-benar bahagia. Saya bersyukur bahwa Super Junior melakukannya dengan baik dan mendukung mereka dari belakang. Saya juga melihat bahwa mereka telah matang begitu banyak. Dalam hal tingkat musik dan kinerja mereka. Dan berpikir Super Junior bukan tim yg mudah.
Setiap saran kepada setiap member yg belum menyelesaikan tugas wamil mereka ?
**Kang : Selama anda tidak memiliki alasan khusus untuk tidak pergi, setiap orang dapat melayani tugas mereka dalam militer. Saya pikir member SuJu akan melakukan model yang berperan besar bagi pria lain. Mereka telah hidup dalam kehidupan kelompok dalam waktu lama. Saya tidak ragu bahwa mereka akan kembali sebagai pria sejati.
**Kyu : Apakah anda sudah mengharapkan kita pergi ?. Hahaha. 
Sampai kapan kalian akan menyanyi dan menari bersama sebagai Super Junior ?
**Hae : Saya telah melihat grup idola senior lainnya mengejar karir mereka selama sekitar empat dan lima tahun dan berhenti. Lima tahun terasa sangat lama ketika saya tidak di bisnis ini tapi melihat kembali tujuh tahun yang kami habiskan bersama tampaknya begitu singkat. Kami bercanda saling bercerita bahwa kita harus menjaga judul kami sebagai berbasis kinerja penyanyi tapi .. saya tidak tahu bagaimana yg akan berubah. Selain dari kegiatan menyanyi dan konser kami akan menempatkan upaya maksimal kami dalam bidang yg berbeda seperti akting dan hosting acara TV.
Pembicaraan masa lalu dan 7 tahun mendatang berikutnya ~ Siwon, Eunhyuk, Yesung, Shindong
Bagaimana anda mendefinisikan musik Super Junior ?
**Hyuk : Dari Sorry Sorry dan Mr Simple kami telah berfokus pada musik yang funky SJ. Lagu-lagu cukup banyak mengatur template gaya musik kita, jadi agak khawatir untuk mencoba sesuatu yg berbeda dari karya-karya masa lalu. Mungkin ini salah satu alasan mengapa kami lebih menekankan pada aspek gaya dan teknis kinerja. Demikian juga ketika anda mendengarkan judul lagu baru kami, mungkin anda berpikir, "hey, itu sangat mirip dengan lagu-lagu masa lalu mereka" Itu bisa dimengerti karena judul lagu kami harus pergi dengan baik dengan apa yang kita kejar diatas panggung. Dan ketika anda melewati semua track dalam Sexy Free & Single anda akan melihat bahwa Super Junior telah mencoba genre yg berbeda kali ini.
**Won : Mayoritas orang mengakui kami sebagai sebuah kelompok tari. Saya pribadi berharap kami bisa mencoba balada lebih. Karena kami semua artistik sensitif, kami baik dalam mengekspresikan perasaan kami.
Yang membedakan Super Junior dari idola Kpop lainnya untuk menjada fandom kuat ?.
**Won : Pertama kami tidak ragu menjangkau fans kami. Beberapa seniman menghindari itu (komunikasi langsung dg fans) tapi kami mencoba bergaul dg fans kami, berbicara melalui jejaring sosial dan ketika menerima posting lucu di twitter, kami akan me-retweet mereka. 
**Shin : Saya pikir kami berhutang banyak pada tren sosial modern. Sekarang ini umum bagi orang mencari video bintang favorit mereka di youtube. Dan di Korea, acara apapun yg mereka tonton pasti ada satu dari member kami yg mengisi di acara itu. Seperti Leeteuk adalah co-host SBS Star King dan saya di MBC. Ini mungkin karena kami aktif di segala bidang. Entah ini hal yang baik atau buruk, tapi saya pikir itu membantu (menerima perhatian dari masyarakat), bahwa kami terbuka untuk semua orang apapun yg kami lakukan.
Apakah setiap beban pada bahu memenuhi harapan semua fans untuk album ini ?
**Won : Aku tidak punya beban, aku berpikir positif bahwa orang akan suka jika kita melakukan yg terbaik. Ini lebih seperti menantang diri dari yg dibebani dg tekanan.
**Shin : Apa yg lebih memberatkan adalah belajar bahasa asing. Aku belajar China dan Jepang pada saat yg sama dan itu benar-benar membingungkan. Katakanlah saya sedang diwawancarai wartawan China dan tanpa menyadari aku berkata "Ha'i" (kata Jepang untuk ya). Dan ketika berbicara dg wartawan Jepang saya katakan ni hao. Tapi itu mulai berubah sedikit karena semua orang mulai mempelajari bahasa Korea. Jadi saya pikir, ini dia ! Semua orang mulai belajar bahasa Korea kemanapun saya pergi. Bahkan kadang saya tidak perlu penerjemah bahasa dan orang-orang menyanyikan lagu Korea kami. Saya merasa seperti tim olahraga nasional dalam hal ini (mempromosikan budaya Korea)
Bagaimana reaksi fans yg berbeda di negara lain ?
**Hyuk : Kami membaca pesan di twitter dg menggunakan layanan terjemahan, dan itu cukup banyak kemiripan. Tapi setiap negara berbeda ketika kita benar-benar pergi kesana untuk konser. Fans Jepang sangat tenang sedangkan fans Eropa lebih aktif dalam mengekspresikan kegembiraan mereka di konser, seseorang mencoba mencium dan meraih wajahku ketika konser di Paris.
**Ye : Dia seksi dan bebas sejati. Hahaha *ngomong ke hyuk*
**Won : Dulu musisi Prancis datang ke Korea untuk melakukan konser dan mereka telah menerima begitu banyak cinta dari fans Korea. Kini kami pergi ke Prancis dan menerima banyak cinta dari mereka, itu hal yg luar biasa. Begitu tiba di bandara, rasanya tidak nyata (bahwa kami akan menggelar pertunjukkan disana) tapi begitu naik ke atas panggung, astaga .. ini adalah perasaan yg tidak terlukiskan. Anda akan merinding ketika kami naik keatas panggung untuk pembukaan, saya merasa kegembiraan yg luar biasa. Ini yg terbaik jadi anda seperti diberi sengatan listrik. Hahaha
**Shin : Ya .. Sangat
Di negara mana anda menerima reaksi penggemar terkuat ?
**Shin : Kami terlalu randah hati untuk mengatakan ini .. Hahaha
**Won : Kebangsaan fans tidak berarti sekarang karena orang-orang datang ke Korea sekarang untuk melihat kami. Kami sudah melalui sejumlah masalah sejak merilis Sorry Sorry, dan sejak itu kami telah melihat sejumlah fans berkumpul di Seoul. seperti rumah yang aman. Hanya karena kita sedang mempromosikan album di Korea bukan berarti itu hanya untuk penggemar Korea, kemanapun kami pergi apakah itu KBS Music Bank atau acara musik apapun, kami melihat fans luar negeri mendukung kami.
**Shin : Kami lebih dikenal sebagai penyanyi di negara lain sedangkan di Korea kita lebih diakui sebagai kepribadian. Kami sudah melakukan DJ radio dan hosting acara TV, yg mungkin sulit bagi kita untuk melakukannya di luar negeri.
**Won : Kami baru saja kembali dari Taiwan dan seseorang telah memuji kami bahwa tidak ada penyanyi Taiwan yg selucu Super Junior, saya rasa apa yg kami tunjukkan di TV telah membantu kami untuk dianggap sebagai seniman lucu di luar negeri.
Pembicaraan masa lalu & 7 tahun mendatang ~ Ryeowook, Sungmin, Leeteuk
Anda telah menerima curahan cinta dari fans Taiwan, menurut anda mengapa orang Taiwan tertarik pada Super Junior ?
**Teuk : Saya kira itu karena kami tinggal untuk jangka waktu cukup lama selama masa promosi kami disana.
**Wook : Kami berada di Taiwan selama tiga sampai 4 bulan tahun lalu. Orang mengatakan bahwa kami sudah dikenal meskipun kami Korea. Lagu-lagu kami juga mudah untuk dinyanyikan bersama. Saya rasa unsur-unsur dicampur dengan baik dan bekerja untuk kami. (mendapat popularitas) Dan orang-orang menonton konser atau variety kami di youtube sehingga juga membantu kami mendapat kehormatan bertahan selama 100 minggu di chart musik Taiwan.
Apa kekhawatiran terbesar anda saat ini ?
**Min : Saya kira itu bervariasi dari orang ke orang. Tapi saya khawatir tentang masa depan saya. Sebagai member kami memiliki kekhawatiran sendiri, kami mengobrol untuk menyingkirkan stres. Ketidakpastian masa depan, apa yg harus saya lakukan dari sekarang, apa aku benar-benar baik, bagaimana orang melihat saya dan sebagainya. Saya memiliki kekhawatiran akan hidup saya dan saya belum menemukan jawabannya. 
**Wook : Aku memulai debut pada usia 19 tahun dan sekarang aku dan lainnya berusia 26 27. Kita berada pada titik kehidupan kita ketika kita mulai menjadi bagian dari masyarakat. Sebagai selebriti kami telah memperoleh keberhasilan, ketenaran dan kekayaan tapi di satu titik saya mulai mempertanyakan diri, apakah saya seorang manusia dewasa, para member telah membantu saya ketika saya tersiksa pada pikiran saya.
Teuk : Kekhawatiran terbesar saya hari ini adalah bangun pagi. Hahaha.. Saya pikir kami semua mampu bekerja keras karena kami memiliki ketidakpastian tentang masa depan. Bekerja keras pada usia 20-an kami akan terbayar di usia 30-an. Aku tertekan di awal-awal debut kami tapi aku berpikir untuk mengatasi tahap yang akan membuat kepribadian saya lebih baik  dan bahkan mempengaruhi orang disekitar saya. 
Apakah anda memiliki keinginan untuk bekerjasama dengan seniman asing ?
**Teuk : AKB48 (kelompok gadis Jepang) Hahaha.. Mengapa ? Uhm .. Mereka memiliki banyak anggota dalam kelompok mereka dan kami sepuluh.
**Min : Saya pikir dia memiliki tujuan yg berbeda. Hahaah 
Apa kunci anda dalam menjaga tim bersama-sama ?
**Teuk : Kami tidak tahu dengan kelompok lain, tapi kami sering bertengkar dan telah melalui banyak peristiwa baik dan buruk bersama-sama. Itu semua membuat kami memiliki ikatan yg lebih kuat. Meski kami memiliki banyak kekayaan tapi jika kami putus asa, kami tidak akan mungkin bisa bertahan selama ini. Setiap member sangat ingin sukses sebagai penyanyi dan kami bisa membawa kerjasama tim yg lebih kuat ketika mengalami masa sulit.
**Wook : Sudah tujuh / delapan tahun dan kami telah menghadapi begitu banyak masalah. Saya mengalami kemerosotan tahun lalu dan Leeteuk hyung membantu saya. Karena kami memiliki banyak member di tim, setidaknya ada satu orang yg akan membantu yg lain.
**Min : Tak seorangpun di Super Junior yg sulit bergaul satu sama lain.


Cre : http://www.kstar10.com/ ( 1 ), ( 2 ), ( 3 ) via sup3rjunior.com ; shinningsuju.wordpress.com ; ELF Indonesia For Super Junior





0 komentar:

Posting Komentar

 
Themes by: Simple-Blogskins. Powered by Blogger