Kamis, 16 Agustus 2012

Siapa Yang Menyebarkan KPop Ke Seluruh Dunia ??


Apakah siswa SMA Jepang , mantan pemain sepak bola Brazil dan mahasiswa Malaysia memiliki kesamaan ?. Yaa .. Ketiganya dijuluki sebagai "Big Mouth" , istilah yang digunakan untuk orang-orang yang
menyebarkan berita hingga ke seluruh dunia. Dalam hal ini, mereka menyebarkan berita KPop dan popularitasnya hingga ke seluruh dunia.
Media yang paling penting dalam perluasan KPop adalah Youtube , Twitter dan Website Sosial Media lainnya. Orang yang memberikan isi [berita] dalam website adalah orang-orang biasa dan fans di seluruh dunia. Ini bukan bukan jaringan besar atau manajemen perusahaan,  tapi fans biasa yang berperan dalam menyebarkan kata.
Hallyu adalah fenomena yang nyata, tapi sampai sekarang orang-orang tidak benar-benar tahu apa yang mendorong penyebaran budaya Korea dan popularitasnya.
Sebuah pusat penelitian lalu lintas dunia maya di Youngnam Cyber University telah mengamati tweet sejak November lalu untuk melihat siapa yang sebenarnya berpengaruh dalam mengenalkan orang-orang di seluruh dunia pada KPop. Mereka melihat tweet dari Amerika , Asia dan Eropa yang mencakup seluruh dunia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada orang-orang tertentu atau "Big Mouth" yang sangat berpengaruh. Mereka memulainya sebagai fans dari 'gerakan Hallyu' dan akhirnya menjadi sebuah pusat untuk informasi KPop.
Di Jepang, user bernama 'kpop_lov' adalah yang paling berpengaruh dalam berbicara mengenai masalah KPop. Menurut profil twitter, dia adalah seorang siswi SMA kelas 2 di Fukuoka, dia akhirnya menjadi sumber informasi paling lengkap tentang KPop di Jepang.
Di Asia Tenggara, sebuah blog 'dkpopnews.net' yang baru dibuat tahun 2009 adalah yang paling berpengaruh. Mereka mencatat kunjungan blog perhari sebanyak 280.000 dan karena mereka beroperasi di Inggris, mereka menarik pembaca dari Filipina, Singapura, Amerika dan Australia. Webmaster Casey Ui adalah seorang mahasiswa Malaysia, yang memiliki akun twitter 'dailykpopnews'.
Di Eropa, pusatnya berada di Jerman, Perancis dan Inggris. Jerman dan Perancis menjadi yang paling produktif dalam tweet mengenai KPop. Di Jerman, bintang Korea utamanya adalah Nela Lee, dan akun twitter 'nelapanghylee' telah menjadi yang paling berpengaruh dalam memberikan informasi tentang budaya Korea.
Sebuah stasiun radio internet di Perancis, 'Kpop FM Radio' telah menjadi pusat informasi terbesar di Twitter.
Menariknya, ada perbedaan regional. Di Amerika Utara, pendukung KPop bukanlah individual melainkan entitas yang lebih besar seperti 'dramfever'. Ini tidak hanya satu orang, tapi merupakan website yang memberikan informasi mengenai drama dan musik Korea, dan ini merupakan website terbesar dalam memberikan informasi Hallyu di Amerika.
Setelah melakukan penelitian, Profesor Park Han Woo mengatakan, "Jika anda menganalisis jaringan twitter, anda bisa melihat bahwa fenomena Hallyu awalnya dimulai dari sumber media amatir dan fans biasa. Jika kita menganalisa secara rinci, kita mungkin dapat melanjutkan trend."

Source : kpopstarz.com
TransIndo : Li Li @everlastingchingu




0 komentar:

Posting Komentar

 
Themes by: Simple-Blogskins. Powered by Blogger