Kamis, 30 Agustus 2012

Komentar Selebriti Korea Tentang Sengketa Dokdo


Dokdo atau Takeshima dalam bahasa Jepang adalah sebuah pulau kecil berbatu yang terletak di antara Korea Selatan dan Jepang. Meskipun Korea Selatan telah menyebarkan anggota pengaman/penjaga ke pulau sejak tahun 1952, dan
sekarang kantor polisi nasional detasemen, tenaga administrasi, dan staf mercusuar ke pulau, Jepang terus mengklaim kedaulatan atas Dokdo.
Ini telah lama menjadi subjek sengketa teritorial antar kedua negara, dan setiap komentar resmi mengenai pulau dari salah satu negara akan dengan mudah meningkatkan ketegangan di seluruh wilayah. Namun beberapa selebriti papan atas Korea baru-baru ini berdiri untuk negara mereka mengenai Dokdo, menyuarakan pendapat mereka mengenai topik yang sangat sensitif ini.
Dalam melakukan ini, mereka mengambil popularitas mereka di Jepang akan beresiko, dimana Jepang merupakan pasar KPop terbesar di dunia. 
Faktanya, pers lokal di Jepang bahkan memberi para idola Korea dengan label "Anti Jepang" dan beberapa bahkan telah dilarang memasuki negara itu.
Berikut kumpulan daftar tentang bagaimana beberapa selebriti Korea merespon kontroversi Dokdo/Takeshima secara keseluruhan.
~ Choi Siwon Super Junior
Pekan terakhir ini Siwon menulis "Dokdo adalah tanah kami." yang merupakan balasan untuk tweet dari Blue House tanggal 10 Agustus yang berbunyi "Dokdo adalah wilayah kami. Dan itu adalah tempat berharga yang harus kita lindungi dengan hidup kita. Mari kita melindunginya dengan kebanggan."
~ Song Il Gook
Song Il Gook bergabung dengan acara renang relay untuk Dokdo pada hari kemerdekaan Korea, 15 Agustus. Yang mana hal ini bertujuan untuk mendukung kedaulatan Korea Selatan atas Dokdo. Karena hal ini, drama-nya di Jepang segera dihentikan dan pemerintah Jepang melarangnya memasuki negara itu.
~ Girls Generation
Girls Generation menyanyikan lagu 'Dokdo Is Our Land', sebuah lagu Korea yang populer dengan lirik yang mengatakan bahwa Dokdo adalah wilayah Korea Selatan. Mereka menyanyikan ini selama latihan 'Dream Concert' 2008.
~ Kim Tae Hee
Kim Tae Hee diangkat sebagai duta PR resmi untuk 'Dokdo Loving Campaign' 2005. Ia bahkan hadir di acara resmi dengan mengenakan kaus bertuliskan 'Dokdo Is Our Land'
~ BEAST
BEAST pernah mengatakan, "Dokdo adalah wilayah Korea." dalam sebuah event di Los Angels 2010. Mereka merupakan salah satu dari 10 teratas selebriti Korea dengan lebel 'Anti Jepang' oleh media Jepang.
~ Kim Jang Hoon
Kim Jang Hoon juga mengambil bagian dalam acara renang relay untuk Dokdo pada 15 Agustus. Ia juga merupakan orang pertama dibalik iklan 'Dokdo Adalah Wilayah Korea' yang muncul di Times Square.
~ Song Joong Ki
Ketika ia berada di Jepang, Soong Joong Ki mengatakan kepada server Jepang bahwa Dokdo adalah wilayah Korea. Dan pengucapan untuk Kimchi adalah Kimchi bukan Kimuchi [pelafalan dalam bahasa Jepang].
~ U-Kiss
Pada tahun 2011, U-kiss meninggalkan pesan di twitter yang isinya mengklaim bahwa Dokdo adalah wilayah Korea.

Source : soompi
TransIndo : everlastingchingu

0 komentar:

Posting Komentar

 
Themes by: Simple-Blogskins. Powered by Blogger