Jumat, 07 September 2012

Popularitas KPop Di Jepang Menurun


Pada 5 September, sebuah surat kabar Jepang 'Asahi' melaporkan bahwa popularitas KPop di Jepang menurun tahun ini. Analisis mereka menunjukkan bahwa fans Jepang tidak lagi
terbius dengan gaya monoton artis KPop, selalin itu kontroversi antara Korea dan Jepang telah mempengaruhi sikap masyarakat terhadap hal-hal yang berhubungan dengan Korea.
Laporan Asahi menyatakan bahwa pada tahun 2011, sebanyak 15 artis KPop membuat debut di Jepang, tapi selama tahun 2012 ini baru 8 artis KPop yang membuat debut di Jepang.
Data dari tangga lagu Oricon juga menunjukkan penurunan terhadap penjualan album debut artis, dari 37.000 pada tahun 2011 menjadi 18.000 pada tahun 2012.
Laporan tersbut juga menyatakan, "Pada bulan Juni, sebuah acara yang menampilkan artis KPop seperti Kara dan Supernova di Hyogo dibatalkan karena lambatnya penjualan tiket."
Dalam survey Asahi yang dilakukan dari 15 - 30 Agustus, 18% dari 3.164 peserta antara usia 30-60 menjawab, "Ketertarikan masyarakat akan KPop sudah menurun." , dan ketika ditanya "Apakah anda berpikir booming KPop akan berlanjut ?" , 47% menjawab "akan segera berakhir" dan 25% menjawab "sudah berkahir."
Beberapa label rekaman dan perusahaan distribusi nampaknya setuju bahwa popularitas KPop telah mencapai akhir.
Salah satu perwakilan berkomentar, "Karena mereka tidak menarik penggemar baru lagi, kami mengalami kesulitan menjual CD. Kami khawatir dengan grup rookie yang bekerja sama dengan kami. Aku harap mereka membuatnya tahun depan."
Direktur Kim Yong Duk dari Japanese office of Korea Creative Contents Agency berkomentar, "Saya rasa KPop di Jepang telah mencapai puncak dan itu menetap. Sejak adanya pasar besar untuk pertunjukkan live, saya tidak yakin popularitas KPop akan menurun drastis dalam waktu dekat."

Source : soompi
TransIndo : everlastingchingu

0 komentar:

Posting Komentar

 
Themes by: Simple-Blogskins. Powered by Blogger