Kamis, 26 Juli 2012

Manipulasi Peringkat Tangga Musik Memicu Kontrofersi


Sebuah berita terbaru mengenai manipulasi peringkat tangga musik memicu kontrofersi.
Isu seputar metode penimbunan album yang digunakan oleh tengkulak untuk membuat peringkat tangga musik diselidiki pada episode terbaru 'One Night TV Entertainment' SBS.
Salah satu broker mengungkapkan, "Hal ini telah dilakukan berkali-kali. Tidak ada resiko, dan bisnis ini berlokasi di China."
"Ini dapat meningkatkan posisi album pada tangga musik. Jika itu tujuannya maka biaya dimulai sekitar 100.000.000 KRW ($87.000 USD), itulah sebabnya hanya perusahaan besar yang mau melakukan ini. Jika anda ingin merebut posisi #1 segera setelah album dirilis, anda harus berinvestasi lebih dari $87.000 USD. Namun ini harus dilakukan dengan hati-hati atau anda akan terjebak." lanjutnya.
Para tengkulak membuat ID palsu untuk membeli album dalam jumlah besar, yang akan membuat album berada dalam jajaran peringkat tangga musik. Dalam kasus artis baru, mereka perlahan-lahan meningkatkan peringkat mereka mulai dari peringkat 50, 30, 20 kemudian 1 dalam proses yang panjang karena harus berhati-hati.
Spesialis lain mengungkapkan bahwa ia membantu sebuah girl band untuk mencapai posisi #1 dalam SBS Inkigayo dengan menggunakan metode ini. Ia menjelaskan, "Biayanya sekitar 150 juta won ($130.000 USD) untuk mempertahankan peringkat 7 hingga 15 selama satu bulan."
Dia juga mengungkapkan bahwa sejak agensi hiburan dapat mengumpulkan dana untuk membayar brokers untuk penjualan album, maka mereka menggunakan pendekatan ini.
Brokers profesional lain mengungkapkan bahkan meningkatkan kata kunci pencarian (real time search keyword) itu juga sangat mungkin.
Ia mengungkapkan, "Menaikkan posisi kata kunci pencarian itu mahal, ini sekitar $4.300 USD perjam. Untuk posisi puncak, sekitar $7.000 USD perjam."
Namun dalam menanggapi situasi ini, salah satu perwakilan situs musik mengatakan, "Ini tidak mungkin, website memiliki sistem ototisasi nama, batas pembelian untuk masing-masing ID dan bahkan batas pengeluaran. Pembeli juga dibatasi untuk membeli album yang sama dengan ID yang sama. Saya ingin tahu, bagaimana bisa hal itu (manipulasi) mungkin terjadi."

Source & Image : MyDaily via Naver via allkpop.com
TransIndo : Li Li @EverLastingChingu

Wuihhh .. Mahal bener yah *gelenggeleng*
Menurut kalian gimana ?. Bener atau ga yah kira-kira ?.. Hmm

*mian kalo translete nya kurang jelas .. heehee #bungkuk




0 komentar:

Posting Komentar

 
Themes by: Simple-Blogskins. Powered by Blogger